Bagan metabolisme

Bab 2 Metabolisme (XII)

Beberapa lipid non gliserida disintesis dari asetil KoA. Proses ini memerlukan ATP sebagai donor fosfat. Reaksi ini melibatkan dehidrasi serta pendistribusian kembali energi di dalam molekul, menaikkan valensi fosfat dari posisi 2 ke status berenergi tinggi. D-ribosa digunakan dalam pembentukan RNA Karena merupakan penyusun kerangka RNA maka ribosa penting artinya bagi genetika bukan merupakan sumber energi.

Untuk mengetahui pentingnya protein dalam tubuh.

Bila garam empedu di dalam usus bagan metabolisme, lemak dan garam empedu secara spontan membentuk micelles yang merupakan globulus dengan ukuran 3- 6nm yang terdiri dari molekul garam empedu dan molekul lemak yang terutama asam lemak, monogliserida, dan kholesterol.

Lemak visceral dapat dikontrol dengan menjaga pola makan lemak yang tidak berlebihan, sementara lemak yang terdapat langsung dibawah kulit dapat dikurangi dengan berolahraga. Kecepatan fotosintesis bertambah sampai maksimal pada suhu 35o C dan setelah itu kecepatannya turun tajam.

Sintesis Protein Proses sintesis protein dari sandi genetik melibatkan beberapa langkah. Jika kapasitas penyimpanan glikogen sudah penuh, maka karbohidrat harus dikonversi menjadi jaringan lipid sebagai cadangan energi jangka panjang.

Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan Hutahalung, Glukosa yang berlebih ini akan mengalami fosforilasi menjadi glukosaphospat.

Akhirnya terbentuklah molekul H2O air.

Glikogen ini disimpan di hati dan otot sebagai cadangan energi jangka pendek. SARAN Mengingat pentingnya zat gizi bagi tubuh, hendaknya kita selalu berusaha mengkonsumsi makanan yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh kita akan zat gizi tersebut.

Saat lemak diabsorpsi, akan melewati small lymph vesselsyang disebut lacteal, untuk kemundian didisstribusikan ke dalam sistem limpa dan masuk ke dalam bagan metabolisme sirkulasi Tika, Jika atom C nomor 2 dari ribosa kehilangan atom O, maka akan menjadi deoksiribosa yang merupakan penyusuna kerangka DNA.

Proses ini terjadi di mitokondria. Penyakit ini merupakan penyebab terpenting mortalitas dan morbiditas penyakit pada anak. Panjang gelombang dari berbagai spektrum sinar matahari tidak sama.

Percobaan ini didasari atas pengertian bahwa amylum, jika bereaksi dengan iodium akan berwarna biru. Melindungi protein agar tidak dibakar sebagai penghasil enersi.

Hipoglikemia kadang terjadi pada penderita kelainan psikis yang secara diam-diam menggunakan insulin atau obat hipoglikemik untuk dirinya.Beberapa langkah dalam metabolisme HDL dapat berkontribusi pengangkutan kolesterol dari makrofag lipid-sarat aterosklerotik arteri, disebut sel busa, ke hati untuk sekresi ke empedu.

jalur ini telah disebut kolesterol reverse transportasi dan dianggap sebagai fungsi. metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein oleh mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tahun Pada bagan terlihat karbohidrat, protein, dan lemak bertemu pada jalur siklus Krebs dengan masukan asetil koenzim A.

Tahukah Anda bahwa Asetil Ko-A sebagai bahan baku dalam siklus Krebs untuk menghasilkan energi yang berasal dari katabolisme karbohidrat, protein, maupun lemak. Titik temu dari berbagai jalur metabolisme ini berguna untuk saling menggantikan “bahan bakar” di dalam sel, Hasil.

Metabolisme meliputi segala aktivitas hidup yang bertujuan agar sel tersebut mampu untuk tetap bertahan hidup, tumbuh, dan melakukan reproduksi. Semua sel penyusun tubuh makhluk hidup memerlukan energi agar proses kehidupan dapat berlangsung.

Sel-sel menyimpan energi kimia dalam bentuk makanan kemudian mengubahnya dalam bentuk energi lain pada proses metabolisme. Metabolisme karbohidrat Pada bagian-bagian terdahulu Anda telah mempelajari berbagai macam karbohidrat, antara lain monosakarida, disakarida, oligosakarida serta polisakarida.

Karbohidrat siap dikatabolisir menjadi energi jika berbentuk monosakarida. vit b untuk otot by vironika-ervina

Bagan metabolisme
Rated 0/5 based on 99 review